Apabila memperhatikan dari pengertian secara umum bahwa al-qur’an mempunyai arti sebagai wahyu dan firman allah swt yang di turunkan kepada baginda nabi dan rasul terakhir muhammad saw melalui malaikan jibril, untuk di jadikan sebagai ajaran serta petunjuk hidup seluruh umat insan sepanjang zaman, yang mana bila dengan membacanya dapat mengakibatkan pahala. AL-qur’an menjadi satu di antara empat kitab suci taurat, zabur, injil dan al-qur’an yang terakhir di turunkan kepada para nabi dan rasul yang memuat aneka macam hal yang berkaitan dengan aturan dan kehidupan insan di mana segala permasalahan yang ada di dunia ini dapat di jawab dengan sangat relevan dengan ayat-ayat yang ada dalam al-qur’an tersebut.
Dalam sejarah di kenal bahwa al-quran sebagai kitab suci dan wahyu dari allah swt kepada nabi muhammad saw di sampaikan oleh malaikat jibril di gua hiro tepat pada tanggal 17 ramadhan ketika baginda nabi berusia 41 tahun, sehingga hingga kini malam tanggal tersebut di kenal sebagai malam nuzulul qur’an yang mana ayat pertama yang di sampaikan yaitu surat al alaq ayat 1 hingga ayat 5 sedangkan yang terakhir di turunkan pada tanggal 9 zulhijjah tahun 10 hijriah yaitu surat al-maidah ayat 3. Namun pada rasulullah saw tulisan-tulisan al-qur’an tidak menyerupai kini yang sudah terbentuk dan tersusun dalam bentuk mushaf akan tetapi masih tertulis dalam batu-batu dan pelapah kurma.
Pada masa baginda nabi memang alqur’an belum tertulis dalam sebuah mushaf menyerupai ketika ini, namun terjadinya pemushafan yaitu pada masa kehalifahan di mana berdasarkan sejarah ketika baginda nabi saw wafat orang-orang muslim banyak yang kembali pada kekufuran serta terjadi peperangan yang banyak menewasan para qori dan penghafal alqur’an, lantaran di khawatirkan punah dan tidak terjaga lantas sayyidina umar memberi ajuan kepada khalifah Abu Bakar untuk membukukan al-qur’an, dan bubuk bakar pun menyerahkan urusan tersebut kepada Zaid Bin Tsabit. Makara bila melihat dari sejarah bahwa al-qur’an ini bukan di mushafkan semasa nabi tetapi terjadinya pemushafan semenjak masa khalifah bubuk bakar melalui ajuan dari sayyidina umat yang di bukukan oleh Zaid Bin Tsabit.
Dari masa-kemasa al-qur’an sebagai kitab suci umat islam seluruh dunia masih di pegang dan di kaji secara rutin serta di jadikan sebagai acuan atau ajaran aneka macam permasalahan hidup atau di jadikan sebagai acuan dalam memecahkan aneka macam permaslaahan baik itu yang berkaitan dengan aturan atau tatanan hidup. Sebab kesempurnaan al-qur’an di yakini paling bijak dan tidak ada satu pun aturan-aturan yang lebih baik di banding dengan apa yang tersaji dalam ayat-ayat al-qur’an, bahkan keakuratan aturan-aturan dalam al-qur’an akan selalu sejalan dengan keadaan waktu dan kondisi, apa pun itu jamannya kitab suci umat islam ini akan selalu tepat di jadikan ajaran kehidupan.
Jika beberapa tahun tahun kebelakang, sebagian besar umat muslim apabila ingin membaca atau mengetahui terjemahan hingga mengkaji al-qur’an lebih dalam maka hanya dapat melihat dari mushaf-mushaf, sehingga hampir di tiap rumah niscaya mempunyai minimal paling sedikit 1 al-quran. Namun kini ini goresan pena teks dari ayat-ayat al-qur’an sudah banyak tersaji dalam aneka macam media yang dapat di download berupa aplikasi lewat bermacam-macam perangkat bahkan lengkap dengan penerangan dan penjelasannya. Akan tetapi harus di pahami untuk dapat menggali makna dan tujuan yang ada dalam al-qur’an harus melalui guru atau para kiyai yang jago di bidangnya alasannya bahasa-bahasa dari al-qur’an tidak akan dapat di pahami bila tidak di sertai ilmunya.
No. | Nama Surah | Bahasa Arab | Arti | Jumlah Ayat | Tempat Turun |
---|---|---|---|---|---|
1 | Al-Fatihah | الفاتحة | Pembukaan | 7 | Mekkah |
2 | Al-Baqarah | البقرة | Sapi Betina | 286 | Madinah |
3 | Ali ‘Imran | آل عمران | Keluarga ‘Imran | 200 | Madinah |
4 | An-Nisa’ | النّساء | Wanita | 176 | Madinah |
5 | Al-Ma’idah | المآئدة | Jamuan (hidangan makanan) | 120 | Madinah |
6 | Al-An’am | الانعام | Binatang Ternak | 165 | Mekkah |
7 | Al-A’raf | الأعراف | Tempat yang tertinggi | 206 | Mekkah |
8 | Al-Anfal | الأنفال | Harta rampasan perang | 75 | Madinah |
9 | At-Taubah | التوبة | Pengampunan | 129 | Madinah |
10 | Yunus | ينوس | Nabi Yunus | 109 | Mekkah |
11 | Hud | هود | Nabi Hud | 123 | Mekkah |
12 | Yusuf | يسوف | Nabi Yusuf | 111 | Mekkah |
13 | Ar-Ra’d | الرّعد | Guruh (petir) | 43 | Mekkah |
14 | Ibrahim | إبراهيم | Nabi Ibrahim | 52 | Mekkah |
15 | Al-Hijr | الحجر | Al Hijr (nama gunung) | 99 | Mekkah |
16 | An-Nahl | النّحل | Lebah | 128 | Mekkah |
17 | Al-Isra’ | بني إسرائيل | Memperjalankan di waktu malam | 111 | Mekkah |
18 | Al-Kahf | الكهف | Penghuni-penghuni gua | 110 | Mekkah |
19 | Maryam | مريم | Maryam (Maria) | 98 | Mekkah |
20 | Ta Ha | طه | Ta Ha | 135 | Mekkah |
21 | Al-Anbiya | الأنبياء | Nabi-Nabi | 112 | Mekkah |
22 | Al-Hajj | الحجّ | Haji | 78 | Madinah & Makkah |
23 | Al-Mu’minun | المؤمنون | Orang-orang mukmin | 118 | Mekkah |
24 | An-Nur | النّور | Cahaya | 64 | Madinah |
25 | Al-Furqan | الفرقان | Pembeda | 77 | Mekkah |
26 | Asy-Syu’ara’ | الشّعراء | Penyair | 227 | Mekkah |
27 | An-Naml | النّمل | Semut | 93 | Mekkah |
28 | Al-Qasas | القصص | Cerita | 88 | Mekkah |
29 | Al-‘Ankabut | العنكبوت | Laba-laba | 69 | Mekkah |
30 | Ar-Rum | الرّوم | Bangsa Romawi | 60 | Mekkah |
31 | Luqman | لقمان | Keluarga Luqman | 34 | Mekkah |
32 | As-Sajdah | السّجدة | Sajdah | 30 | Mekkah |
33 | Al-Ahzab | الْأحزاب | Golongan-Golongan yang bersekutu | 73 | Madinah |
34 | Saba’ | سبا | Kaum Saba’ | 54 | Mekkah |
35 | Fatir | فاطر | Pencipta | 45 | Mekkah |
36 | Ya Sin | يس | Yaasiin | 83 | Mekkah |
37 | As-Saffat | الصّافات | Barisan-barisan | 182 | Mekkah |
38 | Sad | ص | Shaad | 88 | Mekkah |
39 | Az-Zumar | الزّمر | Rombongan-rombongan | 75 | Mekkah |
40 | Al-Mu’min | المؤمن | Orang yg Beriman | 85 | Mekkah |
41 | Fussilat | فصّلت | Yang dijelaskan | 54 | Mekkah |
42 | Asy-Syura | الشّورى | Musyawarah | 53 | Mekkah |
43 | Az-Zukhruf | الزّخرف | Perhiasan | 89 | Mekkah |
44 | Ad-Dukhan | الدّخان | Kabut | 59 | Mekkah |
45 | Al-Jasiyah | الجاثية | Yang bertekuk lutut | 37 | Mekkah |
46 | Al-Ahqaf | الَأحقاف | Bukit-bukit pasir | 35 | Mekkah |
47 | Muhammad | محمّد | Muhammad | 38 | Madinah |
48 | Al-Fath | الفتح | Kemenangan | 29 | Madinah |
49 | Al-Hujurat | الحجرات | Kamar-kamar | 18 | Madinah |
50 | Qaf | ق | Qaaf | 45 | Mekkah |
51 | Az-Zariyat | الذّاريات | Angin yang menerbangkan | 60 | Mekkah |
52 | At-Tur | الطّور | Bukit | 49 | Mekkah |
53 | An-Najm | النّجْم | Bintang | 62 | Mekkah |
54 | Al-Qamar | القمر | Bulan | 55 | Mekkah |
55 | Ar-Rahman | الرّحْمن | Yang Maha Pemurah | 78 | Madinah & Mekkah |
56 | Al-Waqi’ah | الواقعه | Hari Kiamat | 96 | Mekkah |
57 | Al-Hadid | الحديد | Besi | 29 | Madinah |
58 | Al-Mujadilah | المجادلة | Wanita yang mengajukan gugatan | 22 | Madinah |
59 | Al-Hasyr | الحشْر | Pengusiran | 24 | Madinah |
60 | Al-Mumtahanah | الممتحنة | Wanita yang diuji | 13 | Madinah |
61 | As-Saff | الصّفّ | Satu barisan | 14 | Madinah |
62 | Al-Jumu’ah | الجمعة | Hari Jum’at | 11 | Madinah |
63 | Al-Munafiqun | المنافقون | Orang-orang yang munafik | 11 | Madinah |
64 | At-Tagabun | التّغابن | Hari dinampakkan kesalahan-kesalahan | 18 | Madinah |
65 | At-Talaq | الطّلاق | Talak | 12 | Madinah |
66 | At-Tahrim | التّحريم | Mengharamkan | 12 | Madinah |
67 | Al-Mulk | الملك | Kerajaan | 30 | Mekkah |
68 | Al-Qalam | القلم | Pena | 52 | Mekkah |
69 | Al-Haqqah | الحآقّة | Hari kiamat | 52 | Mekkah |
70 | Al-Ma’arij | المعارج | Tempat naik | 44 | Mekkah |
71 | Nuh | نوح | Nuh | 28 | Mekkah |
72 | Al-Jinn | الجنّ | Jin | 28 | Mekkah |
73 | Al-Muzzammil | المزمّل | Orang yang berselimut | 20 | Mekkah |
74 | Al-Muddassir | المدشّر | Orang yang berkemul | 56 | Mekkah |
75 | Al-Qiyamah | القيمة | Hari Kiamat | 40 | Mekkah |
76 | Al-Insan | الْاٍنسان | Manusia | 31 | Madinah |
77 | Al-Mursalat | المرسلات | Malaikat-Malaikat Yang Diutus | 50 | Mekkah |
78 | An-Naba’ | النّبا | Berita besar | 40 | Mekkah |
79 | An-Nazi’at | النّازعات | Malaikat-Malaikat Yang Mencabut | 46 | Mekkah |
80 | ‘Abasa | عبس | Ia Bermuka masam | 42 | Mekkah |
81 | At-Takwir | التّكوير | Menggulung | 29 | Mekkah |
82 | Al-Infitar | الانفطار | Terbelah | 19 | Mekkah |
83 | Al-Tatfif | المطفّفين | Orang-orang yang curang | 36 | Mekkah |
84 | Al-Insyiqaq | الانشقاق | Terbelah | 25 | Mekkah |
85 | Al-Buruj | البروج | Gugusan bintang | 22 | Mekkah |
86 | At-Tariq | الطّارق | Yang tiba di malam hari | 17 | Mekkah |
87 | Al-A’la | الْأعلى | Yang paling tinggi | 19 | Mekkah |
88 | Al-Gasyiyah | الغاشية | Hari Pembalasan | 26 | Mekkah |
89 | Al-Fajr | الفجر | Fajar | 30 | Mekkah |
90 | Al-Balad | البلد | Negeri | 20 | Mekkah |
91 | Asy-Syams | الشّمس | Matahari | 15 | Mekkah |
92 | Al-Lail | الّيل | Malam | 21 | Mekkah |
93 | Ad-Duha | الضحى | Waktu matahari sepenggalahan naik (Dhuha) | 11 | Mekkah |
94 | Al-Insyirah | الانشراح | Melapangkan | 8 | Mekkah |
95 | At-Tin | التِّينِ | Buah Tin | 8 | Mekkah |
96 | Al-‘Alaq | العَلَق | Segumpal Darah | 19 | Mekkah |
97 | Al-Qadr | الْقَدْرِ | Kemuliaan | 5 | Mekkah |
98 | Al-Bayyinah | الْبَيِّنَةُ | Pembuktian | 8 | Madinah |
99 | Az-Zalzalah | الزلزلة | Kegoncangan | 8 | Mekkah |
100 | Al-‘Adiyat | العاديات | Berlari kencang | 11 | Mekkah |
101 | Al-Qari’ah | القارعة | Hari Kiamat | 11 | Mekkah |
102 | At-Takasur | التكاثر | Bermegah-megahan | 8 | Mekkah |
103 | Al-‘Asr | العصر | Masa/Waktu | 3 | Mekkah |
104 | Al-Humazah | الهُمَزة | Pengumpat | 9 | Mekkah |
105 | Al-Fil | الْفِيلِ | Gajah | 5 | Mekkah |
106 | Quraisy | قُرَيْشٍ | Suku Quraisy | 4 | Mekkah |
107 | Al-Ma’un | الْمَاعُونَ | Barang-barang yang berguna | 7 | Mekkah |
108 | Al-Kausar | الكوثر | Nikmat yang berlimpah | 3 | Mekkah |
109 | Al-Kafirun | الْكَافِرُونَ | Orang-orang kafir | 6 | Mekkah |
110 | An-Nasr | النصر | Pertolongan | 3 | Madinah |
111 | Al-Lahab | المسد | Gejolak Api/ Sabut | 5 | Mekkah |
112 | Al-Ikhlas | الإخلاص | Ikhlas | 4 | Mekkah |
113 | Al-Falaq | الْفَلَقِ | Waktu Subuh | 5 | Mekkah |
114 | An-Nas | النَّاسِ | Manusia | 6 | Mekkah |
Di karenakan al-qur’an ini merupakan kitab suci wahyu atau firman allah swt, maka bila ingin menggali atau memahami tafsir yang ada di dalamnya dengan benar, maka tidak dapat berpacu pada al-qur’an digital yang kini banyak beredar dalam bentuk aplikasi, namun harus pribadi kepada para kiyai yang sudah memahami keilmuannya, alasannya satu kata yang sama dalam al-qur’an dapat jadi mempunyai makna tujuan berbeda. Tetapi bila hanya sekedar untuk membacanya saja, maka tidak apa-apa, silahkan pahami lagi lebih jauh mengenai tujuan dari pengertian perkata cara bacaan tajwid tadarus daarul kitab al-qur’an 30 juz bahasa indonesia arti dan terjemahannya free untuk hp dan lain sebagainya.
EmoticonEmoticon